About the Post

Author Information

Sukses Karena Hobi Berbisnis

Tien : Menjadi pengusaha menyenangkan

Tien : Menjadi pengusaha menyenangkan

“Jiwa entrepreneurship dalam diri seorang karyawan merupakan modal besar untuk berpindah kuadran menjadi pengusaha. Hal itu juga yang membuat Hj. Tien Saidatina sukses sebagai mitra usaha perwakilan Jabodetabek PT Armina Utama Sukses, divisi marketing penyelenggara perjalanan umrah dan haji plus PT Arminareka Perdana”

Tak sedikit karyawan yang senang berbisnis sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Mereka umumnya membawa dagangan ke perusahaan tempatnya bekerja, kemudian dijual kepada rekan-rekan kerjanya. Sebagian melakoni bisnisnya dengan serius, tetapi ada juga yang hanya sekadar menyalurkan hobinya untuk berbisnis.

Namun, lepas dari untung rugi yang didapatkan dari bisnis sampingan tersebut, pengalaman dan naluri bisnis kian terasah bila sekali waktu mencoba bisnis yang lain. Pun, bila tiba saatnya ingin pindah kuadran dari karyawan menjadi pengusaha, mereka sedikit memiliki bekal untuk berani melangkah, dibandingkan dengan karyawan yang sama sekali belum berpengalaman berbisnis. Hal demikian juga dirasakan oleh Hj. Tien Saidatina.

Tien, begitu ia akrab disapa, selama 20 tahun menjadi karyawan di perusahaan maskapai penerbangan terbesar milik negara, Garuda Indonesia. Ia juga beberapa kali mencoba berdagang kecil-kecilan, baik yang dioperasikan di rumah maupun yang ia bawa ke tempatnya bekerja. “Mulai dari buka usaha jahit hingga jualan kue tetapi akhirnya semuanya tak terurus sebab kian banyak orang yang minta tetapi tenaga dan waktu saya sangat terbatas,” kisahnya. Ia juga tak pernah kapok untuk mencoba usaha lainnya, seperti laundry, salon hingga membuka usaha pengobatan alternatif terapi bekam. Sayangnya, semua usaha tersebut seperti berjalan di tempat karena akhirnya ia pun tak mampu menanganinya.

Namun, seperti menemukan habitat yang cocok baginya untuk kembali berkarya dalam dunia usaha, ketika memutuskan pensiun dini dari Garuda tahun 2009 lalu, ia mendapatkan peluang baru yakni usaha penyelenggara perjalanan umrah dan haji plus milik PT Arminareka Perdana. Ia bergabung sebagai pengusaha perwakilan (mitra) pada divisi marketing perusahaan tersebut di bawah bendera PT Armina Utama Sukses. “Saya merasa beryukur bisa bergabung di sini, karena selain bisa membantu jemaah yang tak mampu juga bisa menambah penghasilan. Alhamdulilah, hingga kini saya sudah bisa mengirimkan lebih dari empat ribu orang jemaah untuk menyelenggarakan umrah atau haji plus,” ucapnya bangga.

Minggu-minggu awal ia bergabung di perusahaan tersebut, Tien telah berhasil mendapatkan banyak jemaah sehingga berhasil mengantongi omset di atas puluhan juta rupiah. “Kini minimal saya sudah bisa menghajikan anak, menghidupi mereka hingga menyekolahkan anak sampai jenjang S2,” katanya menggambarkan besarnya pendapatan yang telah ditorehnya. Keberhasilan Tien tak lepas dari kelihaiannya dalam membangun relasi selama bekerja sebagai karyawan maupun bakatnya dalam menjual.

Dalam menjaring jemaah, ia memiliki kiat khusus. “Saya menginformasikan dan mengkomunikasikan produk ini dengan lugas dan jelas dan menyampaikan hal yang nyata-nyata saja, di mana pun saya berada. Misalnya di atas pesawat saya juga menginformasikan produk ini kepada siapa pun,” jelasnya. Bisnis ini terbuka bagi semua orang untuk bermitra. Bila seorang jemaah atau calon jemaah berhasil mengajak 8 orang untuk umrah atau haji plus, berarti mereka bisa umrah atau haji plus secara gratis.

Sementara yang ia dapatkan sebagai perwakilan, Tien melanjutkan, bila berhasil mengajak satu orang untuk umrah berarti dirinya mengantongi Rp1,5 juta, jika berhasil mengajak jemaah untuk haji plus ia mengantongi Rp 2,5 juta. Selain itu, ia juga mendapatkan bonus sebesar Rp500 ribu per pasang dan bonus support system sebesar Rp 1 juta per pasang. Bonus dan komisi tersebut juga berlaku selamanya dan bisa diwariskan kepada anak atau ahli waris.

Menurutnya, dalam menjalankan usaha tersebut, bukannya tanpa tantangan sebab banyak orang yang menanggapnya sebagai bentuk money game layaknya permainan bisnis multi level marketing yang belakangan banyak merugikan nasabah. “Padahal ini bisnis berbasis syari’ah. Sehingga nilai kejujuran dan keterbukaan sangat diutamakan di sini,” tegasnya. Namun, tak sedikit jemaah yang telah merasakan manfaat besar dari usahanya ini, sebab bisa melaksanakan umrah atau haji kendati belum mampu.

Mengatasi tantangan itu, dirinya memiliki cara tersendiri kendati berujung kembali kepada keputusan calon jemaah tersebut. “Ibarat mendekati seorang anak kecil, apakah didekatin dengan memberikan mainan terlebih dahulu atau apa saja. Diambil cara masuk yang lebih klik bagi calon konsumen. Makanya pengalaman saya seolah mengajarkan cara masuk tertentu untuk berbagai tipe orang,” ujarnya. Untuk itu, ia juga tak pernah berhenti belajar baik dari pengalaman maupun dengan membaca berbagai buku.

Menurut Tien, bila seorang karyawan ingin berpindah kuadran menjadi pengusaha, seharusnya persiapkan terlebih dahulu mental, terlepas apakah mau memilih jalan nekat atau pun harus mulai tahap demi tahap. “”Kuatkan mental dan jangan cepat putus asa karena Allah tidak senang orang putus asa,” katanya. Sebab, menjadi pengusaha tak mudah. Sebagian orang menilai pengusaha sukses dari yang apa dilihatnya sekarang, tetapi tak tahu bagaimana proses jatuh bangun ketika mereka mengawali bisnisnya.

Bila tak memiliki modal, Tien menyarankan, karyawan harus pandai membaca peluang pasar. Hal tersebut bisa dimulai dengan misalnya menjadi penghubung atau broker transaksi antara penjual dan pembeli. “Tinggal menginformasikan dan mengkomunikasikan saja kepada calon pembeli, bila terjadi transaksi kan bisa mengambil keuntungan atau komisi di sana,” pungkasnya. Sebab, mental yang kuat adalah salah satu kunci keberhasilan seorang karyawan yang ingin menjadi pengusaha.

 

Info lebih lanjut Hubungi :
Hj Tien Saidatin
Gedung Menara Salemba Lt. 5
Jl. Salemba Raya Jakarta Pusat 10440.
Telp : 021 – 4356376
Fax : 021 – 39842985
HP : 08129349720, 081510675737, 08561655187

Related posts:

  1. Yoad Nazriga, Sukses Belajar Ilmu Kimia, Sukses Meraup Omset Ratusan Juta
  2. Research and Development, Kunci Sukses dari Magfood

Tags:

12 Responses to “Sukses Karena Hobi Berbisnis”

  1. The structure for the website is a little bit off in Epiphany. Nevertheless I like your site. I may need to use a normal web browser just to enjoy it.

    June 1, 2012 at 02:11 Reply
    • Hi Source, thanks for your advise

      June 2, 2012 at 18:19 Reply
      • ketika dia sudah maakncanreen sesuatu yang bakal ‘pasti’ dari kacamata manusia itu, dia justru makin resah, makin ‘ilfil’ katanya, merasa ga jelas dan rasa tak percaya bahwa sebentar lagi statusnya akan berbeda yah kayaknya semua wanita akan merasakan hal itu,, dan bukan hanya wanita, laki2 pun akan merasakan hal yang sama, aku menyebutnya sebagai usaha maksimum dari syaitan untuk menggagalkan manusia menjalankan perintah ALLAH, dan itu dialami juga oleh aku dan mantan pacarku (istriku) ..

        August 21, 2012 at 07:32 Reply
    • menarik sekali, tenytara pensil ada filosofinya juga ya. terimakasih buat postingnya yang menginspirasi. btw tangan tangan itu digerakkan oleh pikiran, terkadang pikiran menggunakan hati untuk meyakini apa yang dilakukan tangan untuk mengguratkan pensil diatas kertas. betul tidak ya. he he he. salam kenal

      August 21, 2012 at 13:10 Reply
  2. Just wish to say your article is as amazing. The clearness in your post is just great and i could assume you are an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the rewarding work.

    June 5, 2012 at 01:48 Reply
    • DianaAzis November 11, 2011 at 11:27 am ReplyWah..cantiknya name card..Oh, keje dgn travel agent yea Dah like fan page tu Post Terbaru DianaAzis ..Jom Terjah Spontaneous Thursday #1

      August 20, 2012 at 21:36 Reply
  3. hohhoho thnks infonya tapi aq test toefl malah molor wkwwkk,eh tau2 dah soal kesekian,tapi untung juga gwa lulus #terharu,padahal soalnya gue dudukin ahaha

    August 21, 2012 at 00:40 Reply
  4. I just want to tell you that I am just beginner to blogs and seriously liked this web page. Likely I’m planning to bookmark your blog . You absolutely come with terrific articles. Regards for sharing with us your blog.

    September 9, 2012 at 12:06 Reply
  5. I simply want to say I’m beginner to weblog and absolutely enjoyed this blog. Almost certainly I’m likely to bookmark your site . You amazingly come with wonderful articles and reviews. With thanks for revealing your website.

    September 10, 2012 at 00:48 Reply
  6. This really answered my problem, thank you!

    September 20, 2012 at 22:11 Reply
  7. Amazing article, cheers, I will visit again later!

    September 21, 2012 at 19:35 Reply
  8. Did you require any updating? Any bugs in it?

    October 19, 2012 at 15:35 Reply

Leave a Reply

Facebook

Twitter